RAPAT KOORDINASI PERAN DUNIA USAHA, MEDIA MASSA DAN LEMBAGA MASYARAKAT

    Pemerintah Kota Kendari melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak menggelar Rapat Koordinasi Peran Dunia Usaha, Media Massa, dan Lembaga Masyarakat dalam Pengembangan Kota Layak Anak yang dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 27 November 2019 di Rumah Makan Hj.Titi Warkop Daeng Sija Kelurahan Korumba. Kegiatan Rapat Koordinasi tersebut dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Kendari Hj. Nahwa Umar.,SE.MM diikuti oleh 80 (delapan puluh) orang peserta yang terdiri dari Organisasi Perangkat Daerah terkait, Dunia Usaha, Media Massa, Lembaga Masyarakat dan Forum Anak.

 

    Tujuan daripada kegiatan Rapat Koordinasi tersebut adalah sebagai upaya penguatan dalam mewujudkan strategi pemenuhan hak-hak anak yang terintegrasi dan berkelanjutan menuju program Kota Layak Anak (KLA).

 

    Dalam sambutannya Sekretaris Daerah Kota Kendari mengatakan bahwa dalam mendesain sebuah sistem dan strategi dalam pemenuhan hak-hak anak yang terintegrasi dan berkelanjutan menuju Kota Layak Anak (KLA) akan berhasil jika semua pemangku kepentingan mulai dari pimpinan daerah beserta perangkatnya, lembaga legislatif, aparat penegak hukum, media massa, lembaga masyarakat, dunia usaha, tokoh agama, para orang tua dan seluruh masyarakat Kota Kendari mendukung program ini.

 

    Partisipasi dan keterlibatan seluruh stakeholder tersebut sangat memegang peranan penting utamanya media massa karena dapat menjadi corong penyebaran informasi untuk menawarkan fakta dan pendapat yang otentik yang berisi berbagai peristiwa dan situasi yang penting untuk dibagi kepada khalayak ramai sebagai item informatif.

 

    Pemerintah membutuhkan peran media untuk menyebarkan informasi agar kegiatan yang telah dilakukan oleh pemerintah dapat diketahui oleh masyarakat, begitu pula sebaliknya pihak media membutuhkan pemerintah untuk memperoleh berita dan informasi baik untuk kepentingan media itu sendiri maupun untuk kepentingan institusi atau pemerintah. Misalnya salah satu contoh jumlah anak jalanan yang berkeliaran di jalanan yang tidak menggunakan haknya untuk bersekolah. Peristiwa tersebut tidak akan diketahui oleh khalayak jika media massa tidak menyebarkan informasi tersebut.

 

    Sekretaris Daerah Kota Kendari mengatakan Pemerintah Kota Kendari telah membuat beberapa kebijakan dan program untuk mengurangi jumlah anak jalanan seperti mengeluarkan Perda tentang Kota Layak Anak, membuat program Persaudaraan Madani, dan beberapa program lainnya. Pemerintah Kota Kendari beberapa waktu lalu berhasil meraih penghargaan Kota Layak Anak dengan predikat Madya, namun terkait penghargaan tersebut beliau menegaskan bahwa dalam mewujudkan Kota Layak Anak bukan hanya semata-mata mendapatkan penghargaan saja, melainkan bagaimana mengintervensi seluruh fasilitas-fasilitas baik yang dimiliki oleh pemerintah, dunia usaha dan lembaga masyarakat menjadi ramah anak yang dimulai dari Rumah Tangga,RT,RW,Kelurahan,Kecamatan,Sekolah,Masjid,Gereja,Organisasi Perangkat Daerah dan Fasilitas lainnya serta dapat mengintervensi anak-anak jalanan agar tidak berkeliaran di jalan raya dan dapat bersekolah seperti anak-anak lainnya, untuk mencapai generasi emas yang berkualitas menuju Kota Layak Anak.

BERITA TERBARU

PENGUKUHAN FORUM ANAK

RAPAT KOORDINASI PERAN DUNIA USAHA,…

RAPAT FORUM ANAK

PELATIHAN SDM PENGURUS P2TP2A

JUM’AT KIDS DI TK HANGTUAH…

SEHARI BELAJAR DI LUAR KELAS

LOMBA P2WKSS

SOSIALISASI MASJID RAMAH ANAK

KAMPANYE KOTA LAYAK ANAK

SOSIALISASI STOP MEMBERI UANG DIJALAN…

KEGIATAN PELATIHAN KONVENSI HAK ANAK…

PENINGKATAN PRODUKTIVITAS EKONOMI PEREMPUAN (PPEP)…

PARTISIPASI FORUM ANAK KOTA KENDARI…

PELATIHAN PENINGKATAN PRODUKTIVITAS EKONOMI PEREMPUAN…

KEGIATAN PELATIHAN PERENCANAAN PENGANGGARAN RESPONSIF…

RAZIA TERPADU ANAK JALANAN (ANJAL)…

FORUM ANAK KOTA KENDARI MENGADAKAN…

DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN…

RAPAT GUGUS TUGAS KOTA LAYAK…

KAMPANYE ANTI KEKERASAN TERHADAP PEREMPUANANAK…

Pembentukan Forum Data Gender dan…

Pencangangan kampanye imunisasi Measles Rubella…

Ketua TP-PKK Kota Kendari siapkan…

Selama Ramadhan, pengangkutan sampah warga…

TP-PNS baru Kota Kendari akan…

Kendari Caddi Wakili Kota Kendari…